Selasa, 17 Februari 2015

Pelantikan Misdinar Santa Clara 2015



14 Februari 2015 adalah hari yang sangat spesial untuk Misdinar Santa Clara. Selain merayakan hari kasih sayang, hari ini adalah hari yang telah ditunggu-tunggu oleh calon misdinar angkatan 2011-2013 karena mereka akan dilantik menjadi anggota Misdinar resmi paroki Santa Clara.
Setelah melewati proses pembinaan dan ujian kelayakan pelantikan, maka terpilihlah 55 calon misdinar Santa Clara yang dirasa cukup layak, baik dari segi pengetahuan terkait pelayanan liturgi, kecakapan, kedisiplinan, dan sikap. Satu minggu sebelum pelantikan, yaitu hari Minggu, 08 Februari 2015, pengumuman kelayakan pelantikan yang telah ditandatangani oleh Pastor Raymundus dibagikan kepada seluruh anggota. Kebahagiaan terpancar di wajah mereka yang dinyatakan layak dilantik.


Latihan demi latihan semakin sering dijalankan agar perayaan ekaristi pelantikan dapat berjalan dengan baik. Semua keluarga besar misdinar Santa Clara akan terlibat dalam perayaan syukur ini, baik calon misdinar angkatan 2014, kakak-kakak alumni Misdinar Santa Clara, maupun paguyuban orangtua misdinar, semuanya bekerja keras agar kegiatan pelantikan dapat berlangsung sebaik-baiknya. Para calon Pembina, yang adalah misdinar angkatan 2008-2009 juga berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas mereka sebagai panitia.


Pelantikan misdinar Santa Clara dimulai dengan perayaan ekaristi pada misa Sabtu, 14 Februari 2015. Pelantikan tahun ini mengambil tema "Cinta Allah Mengantarku untuk Melayani dengan Penuh Syukur". Para calon misdinar berbaris di luar menggunakan seragam cokelat sementara para calon Pembina mengenakan seragam Pembina yang berwarna kuning muda. Mengawali perayaan ini, paduan suara menyanyikan lagu Hymne Santa Clara dan dilanjutkan dengan madah pembukaan. Para petugas liturgi yang terdiri dari alumni misdinar dan paguyuban orangtua misdinar berarak keluar menjemput para calon misdinar dan Pembina. Perayaan ekaristi ini dipimpin langsung oleh pastor kepala paroki, RP Raymundus Sianipar, OFM.Cap. Dalam khotbahnya, Romo Ray berpesan bahwa anggota misdinar haruslah tetap menjadi seorang Katolik. “Sekali Katolik tetap Katolik!” tegas Romo Ray. Ia juga berpesan agar misdinar haruslah menjadi contoh dan teladan umat, khususnya ketika pergi ke gereja, “Anak misdinar harus berlutut barang sejenak di depan altar. Karena apa? Karena altar adalah pusat dari perayaan ekaristi yang dilayani oleh kalian. Di altar ini, Tuhan Yesus sendiri mengorbankan dirinya untuk kita”
          
Setelah homili selesai, upacara pelantikan dimulai. Diawali dengan pelantikan calon Pembina dan dilanjutkan dengan pelantikan calon misdinar. Sambil memegang lilin bernyala, para calon misdinar menyatakan kesanggupannya dan berjanji untuk menjadi misdinar yang mau melayani dengan penuh tanggung jawab, disiplin dalam tugas, dan mengutamakan sikap diri yang santun, jujur, sederhana, rendah hati, dan meneladani spiritualitas Santo Tarsisius, pelindung para misdinar.
Pelantikan pembina Misdinar Santa Clara 2015
Penyerahan orangtua kepada Gereja diwakili oleh Bpk dan Ibu Rudy, orangtua dari Agnes (2011) dan Meimei (2014)

Misdinar 2011-2013 mengucapkan janji dengan lilin bernyala di tangan mereka

Pemberkatan dan perecikan air suci

Perayaan ekaristi ditutup dengan pemberian apresiasi kepada para misdinar berprestasi yang telah mengharumkan nama paroki Santa Clara dengan membawa pulang piala juara 1 lomba Cerdas Cermat Liturgi tingkat dekenat (diwakili oleh Vincent, Vero, dan Dea) dan piala juara 2 lomba Tata Altar dan Busana tingkat keuskupan Agung Jakarta (diwakili oleh Agung, Vincent, Noel, dan Nico). Setelah perayaan ekaristi selesai, para misdinar berfoto bersama dengan romo Ray.
Angkatan 2014 sebagai petugas koor. Suaranya KEREN loooh!!!

Para putra altar Santa Clara 2011-2013

Para putri altar Santa Clara 2011-2013

Pembina Misdinar Santa Clara 2015

Acara pelantikan dilanjutkan dengan kegiatan syukuran dan ramah tamah. Diawali dengan pembacaan Mistara Award 2015, acara dilanjutkan dengan makan malam dan pemutaran video napak tilas kegiatan Misdinar Santa Clara dari tahun 2001. Pada kesempatan ini, kakak-kakak alumni angkatan 1997 juga hadir dan membagikan cerita, pengalaman, dan semangat kepada adik-adik yang baru dilantik. Setelah mendengarkan cerita dari kakak-kakak alumni, para anggota Misdinar Santa Clara yang baru dilantik mempersembahkan dua buah lagu yang khusus diperuntukkan bagi orangtua mereka yang ikut hadir. Persembahan ini juga sekaligus sebagai bentuk terima kasih dan ungkapan cinta mereka pada orangtua, bertepatan dengan perayaan hari Valentine. Semua anggota misdinar menyanyikan lagu “Di doa ibuku” dan “Lagu Cinta tuk Mama Papa” dengan penuh penghayatan. Suasana harupun semakin tampak ketika anak-anak ini menyerahkan surat cinta yang berisi ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada orangtua masing-masing.

Pemberian award sebagai Misdinar Teladan 2015

Acara ditutup dengan penampilan khusus dari seorang Misdinar Santa Clara angkatan 2008, yaitu Ignatius Adrian (Ian) yang membawakan beberapa lagu dengan teknik beatbox. Suasana ceria kembali terangkat dan menutup 14 Februari dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Sampai jumpa di pelantikan mendatang! Selamat melayani dengan penuh syukur dan sukacita!

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus